Fakta Hiu Yang Mungkin Mengejutkan Anda


1. Hiu tidak memiliki tulang.
Hiu menggunakan insangnya untuk menyaring oksigen dari air. Mereka adalah jenis ikan khusus yang dikenal sebagai "elasmobranch", yang diterjemahkan menjadi ikan yang terbuat dari jaringan catilaginous — benda-benda kasar yang terbuat dari telinga dan ujung hidung Anda. Kategori ini juga mencakup sinar, ikan gergaji, dan sepatu roda. Kerangka tulang rawan mereka jauh lebih ringan dari tulang asli dan hati mereka yang besar penuh dengan minyak dengan kepadatan rendah, keduanya membantu mereka menjadi ringan.

Meskipun hiu tidak memiliki tulang, mereka masih bisa memfosil. Seiring bertambahnya usia hiu, mereka menyimpan garam kalsium di tulang rawan kerangka mereka untuk memperkuatnya. Rahang hiu yang kering muncul dan terasa berat dan padat; seperti tulang. Mineral yang sama ini memungkinkan sebagian besar sistem kerangka hiu menjadi fosil dengan cukup baik. Gigi memiliki enamel sehingga muncul dalam catatan fosil juga.

2. Sebagian besar hiu memiliki penglihatan yang baik.
Sebagian besar hiu dapat melihat dengan baik di daerah terang, memiliki penglihatan malam yang fantastis, dan dapat melihat warna. Bagian belakang bola mata hiu memiliki lapisan jaringan reflektif yang disebut tapetum. Ini membantu hiu melihat dengan sangat baik dengan sedikit cahaya.

3. Hiu memiliki organ penerima listrik khusus.
Hiu memiliki bintik-bintik hitam kecil di dekat hidung, mata, dan mulut. Bintik-bintik ini adalah ampullae dari Lorenzini - organ pengoreksi khusus yang memungkinkan hiu merasakan medan elektromagnetik dan perubahan suhu di lautan.

4. Kulit hiu terasa mirip dengan ampelas.
Kulit hiu terasa persis seperti amplas karena terbuat dari struktur kecil seperti gigi yang disebut sisik plasoid, juga dikenal sebagai dermal denticles. Sisik ini menunjuk ke arah ekor dan membantu mengurangi gesekan dari air di sekitarnya ketika hiu berenang.

5. Hiu bisa menjadi kesurupan.
Ketika Anda membalikkan hiu secara terbalik mereka akan mengalami kondisi seperti trans yang disebut imobilitas tonik. Ini adalah alasan mengapa Anda sering melihat ikan hiu terbalik ketika para ilmuwan kami mengerjakannya di dalam air.



6. Hiu sudah ada sejak lama.
Berdasarkan skala fosil yang ditemukan di Australia dan Amerika Serikat, para ilmuwan berhipotesis hiu pertama kali muncul di lautan sekitar 455 juta tahun yang lalu.



7. Para ilmuwan usia hiu dengan menghitung cincin pada tulang belakang mereka.
Vertebra mengandung pasangan konsentris dari pita buram dan tembus cahaya. Pasangan pita dihitung seperti cincin di pohon dan kemudian para ilmuwan menetapkan usia untuk hiu berdasarkan hitungan. Jadi, jika vertebra memiliki 10 pasangan pita, diasumsikan berumur 10 tahun. Namun, studi terbaru menunjukkan bahwa asumsi ini tidak selalu benar. Oleh karena itu, para peneliti harus mempelajari setiap spesies dan kelas ukuran untuk menentukan seberapa sering pasangan pita diendapkan karena laju pengendapan dapat berubah dari waktu ke waktu. Menentukan tingkat aktual yang disimpan band disebut "validasi".

8. Hiu biru benar-benar biru.
Hiu biru menampilkan warna biru cemerlang di bagian atas tubuhnya dan biasanya putih bersalju di bawahnya. Hiu mako dan porbeagle juga menunjukkan warna biru, tetapi tidak sepintar hiu biru. Dalam hidup, sebagian besar hiu berwarna coklat, zaitun, atau keabu-abuan.



9. Setiap pola titik hiu paus unik sebagai sidik jari.
Hiu paus adalah ikan terbesar di lautan. Mereka dapat tumbuh hingga 12,2 meter dan beratnya mencapai 40 ton dengan beberapa perkiraan! Hiu berjemur adalah ikan terbesar kedua di dunia, tumbuh sepanjang 32 kaki dan berat lebih dari lima ton.



10. Beberapa spesies hiu memiliki roh yang memungkinkan mereka untuk menarik air ke sistem pernapasan mereka saat istirahat. Sebagian besar hiu harus terus berenang untuk memompa air ke insang mereka.

Roh hiu terletak tepat di belakang mata yang memasok oksigen langsung ke mata dan otak hiu. Hiu yang tinggal di bawah, seperti hiu malaikat dan hiu perawat, menggunakan organ pernapasan ekstra ini untuk bernapas saat beristirahat di dasar laut. Ini juga digunakan untuk respirasi ketika mulut hiu digunakan untuk makan.

Baca juga Fakta Lainnya disini.

Comments

Popular posts from this blog

11 Bea Cukai yang Mengejutkan dari Seluruh Dunia

11 FAKTA TENTANG MEROKOK